Grafik merupakan gambar yang terdiri atas garis dan titik-titik koordinat.
Dalam grafik terdapat dua jenis garis koordinat, yakni garis koordinat X yang
berposisi horisontal dan garis koordinat Y yang vertikal. Pertemuan antara
setiap titik X dan Y membentuk baris-baris dan kolom-kolom.
Seperti halnya tabel, grafik merupakan media visual yang sering digunakan untuk memperjelas suatu
bacaan. Grafik memungkinkan penyampaian informasi yang kompleks secara lebih
mudah. Media ini dapat memberikan gambaran suatu informasi secara jelas, mudah,
menarik, dan efektif.
Umumnya grafik digunakan untuk membandingkan
jumlah data. Selain itu, digunakan pula untuk menunjukkan fluktuasi suatu
perkembangan jumlah, misalnya dalam rentang waktu lima tahun, enam tahun,
sepuluh tahun, atau lebih. Dengan grafik, perbandingan serta naik turunnya
suatu jumlah data akan lebih jelas.
Langkah membaca tabel dan grafik.
1.
Bacalah judulnya. Membaca judul merupakan kegiatan penting untuk memahami isi
pesannya. Resapilah isi judul tabel dan grafik yang Anda hadapi, karena judul
memberikan ringkasan yang padat tentang informasi yang akan disampaikan.
2.
Bacalah keterangan yang ada di atas, di bawah atau di sisinya. Keterangan itu
merupakan kunci penjelasan tentang data yang disampaikan. Keterangan itu,
misalnya dalam bentuk urutan tahun, persentase, atau angka-angka.
3.
Ajukan pertanyaan tentang tujuan tabel dan grafik itu. Caranya mudah. Kalian
cukup mengubah judulnya menjadi pertanyaan, misalnya di mana, seberapa banyak,
berapa perkembangannya, dan seterusnya. Jawaban pertanyaan tersebut diharapkan
ada dalam tabel dan grafik yang Anda hadapi.
4. Bacalah tabel dan grafik
dengan selalu mengingat tujuan Anda, informasi apa yang Anda perlukan.
IPods Sold
(COMMULATIVE)
Lihat contoh grafik diatas, berikut cara menjelaskan grafik ini dengan penuturan bahasa Inggris.
Please
see the picture above, you are
working in finance or accounting would
have been familiar and be able to read and understand the intent of the
graphs and figures.
We see that the graph of the cumulative sales of iPods during the year 2004 to the first quarter of 2005 increased rapidly. In Q3 2004 sales of iPods instead continue to rise and break the 5M. Continue to rise in Q4 to be 10M. Rose again in 2005 to 15M Q1 to Q2 2005 onwards which can reach more than 20M.
We see that the graph of the cumulative sales of iPods during the year 2004 to the first quarter of 2005 increased rapidly. In Q3 2004 sales of iPods instead continue to rise and break the 5M. Continue to rise in Q4 to be 10M. Rose again in 2005 to 15M Q1 to Q2 2005 onwards which can reach more than 20M.
Terima kasih, semoga ini dapat membantu :)
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusGood where is the next paragraph and summary?
BalasHapusThankyou for the comment,,, but just it that i was sharing for this. if you have some additions, please write here :)
Hapusthanks for sharing information kak :)
BalasHapus